Friday, April 2, 2010

Laba Bersih BUMI 2009 Tergerus 48,76% krn adanya realisasi Biaya Pengupasan Lahan

Laba bersih PT Bumi Resources Tbk (BUMI) nampaknya mengalami pemangkasan pada 2009 ini. Adapun laba BUMI mencapai USD190,45 juta, turun sebanyak 48,76 persen jika dibandingkan dengan realisasi laba pada 2008 yang sebesar USD371,69 juta.

Hal tersebut diungkapkan oleh SVP Investor Relations BUMI, Dileep Srivastava kepada okezone di Jakarta, Jumat (2/4/2010).

Menurutnya, laba bersih BUMI tersebut tergerus oleh amortisasi yang dipergunakannnya untuk pengupasan lahan yang ditangguhkan selama beberapa tahun terakhir. "Laba bersih setelah disesuaikan dengan amortisasi, khususnya biaya non-cash pengupasan lahan yang ditangguhkan," jelas dia.

Akan tetapi, dia juga mengatakan jika biaya amortisasi tersebut masih diimbangi oleh keuntungan kurs, serta penjualan beberapa aset perseroan yang tidak produktif. "Tapi masih diimbangi oleh keuntungan investasi ekuitas pada laba selisih kurs, dan penjualan beberapa aset nonproduktif," imbuh Dileep.

Padahal, dia menegaskan jika tidak adanya beban dari amortisasi tersebut laba bersihnya akan mencapai level USD448 juta. "Jika tidak, laba bersih di 2009 akan berada di atas konsensus dari USD448 juta," tukasnya

No comments:

Post a Comment