Friday, April 2, 2010

Kuartal I 2010, Produksi Batu Bara BUMI 16 Juta Ton atau Naik 41,59%

Pada kuartal I-2010 ini, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menjual sebanyak 16 juta ton batu bara atau naik sebanyak 41,59 persen jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada kuartal I-2008 yang sebanyak 11,3 juta ton.

"Di kuartal I-2010, BUMI memperkirakan akan menjual batu bara sebanyak 16 juta ton, naik jika dibandingkan dengan kuartal I-2009 yang sebesar 11,3 juta ton," jelas SVP Investor Relations BUMI, Dileep Srivastava kepada okezone di Jakarta , Jumat (2/4/2010).

Padahal, Dileep mengaku kuartal ini adalah periode yang tidak buruk untuk produksi batu bara-nya, di mana curah hujan yang tinggi menjadi penyebabnya. "Ini adalah kuartal terburuk yang pernah dilakukan oleh BUMI karena hujan lebat," imbuh dia.

Walau demikian, penjualan pada kuartal I tersebut berjalan on track. "Penjualan di kuartal I-2010 ini berada di trek yang benar untuk mencapai target 2010 yang dipatok 64 juta ton," jelas dia.

Dengan indikasi tersebut, Dileep optimistis jika kinerja keuangannya pada 2010 ini akan mengalami kenaikan. "2010 diharapkan menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya untuk penjualan, pendapatan, ebitda dan parameter pendapatan," jelas dia.

Sebelumnya, BUMI akan mengejar pasar batu bara di China, Indonesia, dan India, di mana pasar ini diproyeksikan akan kembali naik di tiga negara berkembang ini. Untuk itu, perseroan menargetkan kenaikan produksi batu bara sebanyak 10 persen jika dibandingkan dengan proyeksi perseroan di 2009 yang sebesar 60 juta ton.

Diproyeksikan, pasar di tiga negara berkembang tersebut akan tumbuh sebanyak 20 persen pada 2010 mendatang.  Perseroan nampaknya berambisi ingin menjadi perusahaan batu bara terbesar di Asia .

"Kalau menjadi terbesar di dunia mungkin masih jauh, kalau di Asia kita coba. Supaya Indonesia menjadi penghasil batu bara terbesar, dan masuk ke pasar di Asia kita punya bargaining position cukup kuat. Potensinya besar sekali," kata Direktur Utama BUMI Ari Hudaya beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan beberapa akuisisi perusahaan pada tahun ini yang bertujuan untuk meningkatkan produksi batu bara tersebut.

No comments:

Post a Comment