Thursday, March 11, 2010

Orang Terkaya 2010 Versi Majalah Forbes

Mahkota Bill Gates sebagai orang terkaya dunia versi majalah finansial paling tenar, Forbes, telah dirampas. Siapa yang menggesernya?
Posisi puncak itu diraih Carlos Slim Helu (70), pengusaha telekomunikasi terkenal asal Meksiko. Jumlah kekayaannya mencapai US$53,5 miliar atau mengalahkan tipis Bill Gates mencapai US$53 miliar. Tahun lalu, Gates berada di posisi puncak, sementara Helu di tempat ketiga.
Helu meraih nomor satu karena penghasilannya yang mencapai US$18,5 miliar per tahun. Kekayaan itu bermula ketika ia menyabet BUMN telkom Meksiko ketika diprivatisasi oleh pemerintah pada 1990-an.
Merger fixed line dengan perusahaan komunikasi terbesar Amerika Selatan, American Movil, membuat jumlah kekayaannya makin berlipat ganda. Helu pun melakukan diversifikasi usaha infrastruktur jalan dan energi melalui anak usaha konstruksi, Impulsora del Desarrollo y el Empleo.
Putra imigran asal Libanon ini juga memiliki saham di perusahaan finansial Inbursa, Bronco Drilling, serta media raksasa seperti Independent News & Media dan Saks and New York Times Co. Newspaper. Ia baru saja mendonasikan US$65 juta untuk riset obat dengan miliuner dan filantropis Amerika, Eli Broad. [ast]

No comments:

Post a Comment