Saturday, March 6, 2010

Menneg BUMN Dukung Antam & PTBA Beli 9,36% Divestasi Freeport

Jakarta - Menneg BUMN Mustafa Abubakarakan mendorong BUMN seperti PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) untuk membeli 19,36% saham Freeport.
"Kalau Freeport menawarkan saham 9,36% tersebut ke pemerintah, saya pikir peluang tersebut akan dimanfaatkan. Beri peluang kepada BUMN terkait seperti Antam atau PTBA untuk membelinya," kata Mustafa di Kantor Kementerian Negara BUMN, Jakarta, Jumat (5/2).
Tetapi, lanjutnya, pemerintah juga tidak akan memaksa perusahaan BUMN untuk membelinya. "Pemerintah hanya menawarkan. Biarlah perusahaan sendiri yang melakukan kajian. Kalau mereka tertarik, tetapi kalau tidak, dikembalikan lagi," tandas Mustafa.
Ia menambahkan yang paling penting lagi, pihak Freeport sudah membuka peluang bagi Pemerintah Indonesia untuk mengirimkan satu perwakilan pemerintah pada jajaran komisaris di Freeport. "Ini sangat bagus, pemerintah akan punya perwakilan resmi di Freeport. Apalagi selama ini sering terjadi communication's gap antara Freeport dengan Pemerintah. Saat ini Kementerian BUMN bersama-sama dengan Menteri Keuangan sedang menjajaki siapa yang pantas menjadi perwakilan pemerintah di Freeport," jelasnya.
Lanjutnya lagi, seleksi calon komisaris di Freeport perwakilan pemerintah tidak harus dari BUMN. Bisa diambil orang bukan dari BUMN. Yang terpenting kinerjanya bagus dan bisa mewakili pemerintah. "Seleksi tengah berjalan, mudah-mudahan saat mereka RUPS pertengahan tahun ini, komisaris perwakilan pemerintah sudah ada," tuntasnya. [cms]

No comments:

Post a Comment