Friday, October 16, 2009

PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) semakin mendunia di industri perkapalan

JAKARTA. Nama PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) semakin mendunia di industri perkapalan. Itu terjadi setelah mereka mengungkap rencana untuk mengakuisisi Camillo Eitzeb & Co. ASA (CECO), perusahaan perkapalan asal Norwegia.

BLTA akan mendanai akuisisi itu lewat hasil penerbitan Mandatory Exchange Bond (MEB) senilai US$ 368 juta. US$ 168 juta untuk membiayai akuisisi CECO, US$ 200 juta untuk membiayai belanja modal dan ekspansi usaha.

Bila akuisisi CECO berlangsung mulus, BLTA akan memiliki total 157 kapal tanker pengangkut bahan kimia, 14 kapal tanker minyak, dan lebih dari 60 bulk carriers.

Direktur Keuangan BLTA Kevin Wong yakin setelah mengakuisisi CECO, pendapatan BLTA akan meningkat hingga dua kali lipat pada tahun depan. Sebagai perbandingan, "Tahun ini pendapatan BLTA akan mencapai US$ 600 juta sampai US$ 700 juta," kata Kevin kepada Bloomberg, kemarin (15/10).

Kevin beralasan, setelah akuisisi nanti permintaan kapal untuk pengangkutan bahan kimia akan naik dalam dua tahun ke depan, terutama dari pasar Timur Tengah dan Eropa. Itu yang akan membuat kantong BLTA kian gemuk.

Rekomendasi beliAnalis Bhakti Securities Reza Nugraha bilang, akuisisi CECO itu akan menjadikan BLTA sebagai perusahaan perkapalan terbesar di dunia. Saat ini, BLTA sudah memiliki 104 kapal tanker minyak dan 63 kapal tanker kimia. Pangsa pasar BLTA pun akan meluas. "Akuisisi itu membuat BLTA bisa masuk Eropa," ujarnya.

Di dalam negeri, penerapan asas cabotage mulai tahun depan juga akan menaikkan pendapatan BLTA. Soalnya, BLTA termasuk perusahaan perkapalan yang paling siap menghadapi aturan tersebut. "Wajar saja apabila proyeksi pendapatan mereka naik dua kali lipat pada tahun depan," kata Reza.

Menurut Reza, untuk jangka panjang akuisisi CECO itu akan membuat pertumbuhan bisnis BLTA semakin laju. Hanya saja untuk jangka pendek aksi korporasi itu tidak menguntungkan investor publik BLTA. Sebab, dengan obligasi wajib tukar yang akan mereka terbitkan, kepemilikan saham publik bisa terdilusi hingga 40%.

Akhmad Nurcahyadi, Analis BNI Securities pun melihat pendapatan BLTA akan meningkat berlipat setelah mengakuisisi CECO. Namun, valuasi harga wajar saham BLTA tidak serta merta ikutan naik. Alasannya, jumlah utang BLTA juga akan meningkat.

Menurut hitungan Akhmad, tahun ini pendapatan BLTA akan tumbuh tipis 3,4% menjadi Rp 7,25 triliun. Tahun lalu, pendapatan BLTA mencapai Rp 7,01 triliun dan laba bersih Rp 1,5 triliun.

Adapun hitungan Reza, pendapatan dan laba bersih BLTA tahun ini akan naik 5% ketimbang tahun lalu menjadi masing-masing sebesar Rp 7,37 triliun dan Rp 1,64 triliun.

Reza masih merekomendasikan beli saham BLTA dengan target harga Rp 980 per saham. Alasannya, rasio harga atas laba per saham atau price to earning ratio (PER) sektor pelayaran sudah 3-4 kali. Adapun PER BLTA baru 2,2 kali.

Akhmad juga merekomendasikan beli saham BLTA dengan target harga Rp 900 per saham. Kemarin (15/10), harga saham BLTA berakhir di Rp 770 per saham, sama dengan sehari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment