Thursday, October 1, 2009

Global Mediacom Akan Buyback Saham Rp 300 M

PT Global Mediacom Tbk (BMTR) akan membeli kembali (buyback) saham maksimal Rp 300 miliar atau 20% dari modal disetor. Dana buyback saham bersal dari kas internal perseroan.
Direktur Utama Global Mediacom Hary Tanoesoedibjo mengatakan, buyback saham akan digelar mulai1 Oktober 2009 dan berakhir 1 Januari 2010. Pihaknya menunjuk PT Bhakti Securities sebagai perantara pedagang efek buyback tersebut. “Kami akan menggunakan dana kas internal untuk membiayai trans-aksi tersebut,” ujarnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (30/9).
Dia menjelaskan, buyback saham dapat menurunkan nilai aktiva dan ekuitas perseroan, termasuk mengurangi laba bersih perseroan hingga Rp 6 miliar. Estimasi itu dilihat dari potensi penurunan pendapatan akibat menggunakan dana kas internal yang disimpan pada bank untuk membiayai buyback ini.
Perseroan akan menempatkan saham buyback sebagai treasury stock yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai utang perseroan bersifat ekutias, seperti obligasi tukar ataupun alat tukar untuk investasi ke depan. Selain itu, perseroan juga bisa menjual kembali saham tersebut ke pasar.
Hingga semester I-2009, Global Mediacom telah membukukan laba bersih sebesar Rp 179 miliar dan pendapatan bersih sebesar Rp 2,4 triliun. Sedangkan total aktiva tercatat Rp 14 triliun. (fei)

No comments:

Post a Comment