Saturday, October 3, 2009

BLTA kabarnya akan melakukan akuisisi perusahaan pelayaran asal Norwegia

NILAH.COM, Jakarta - PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) kabarnya akan melakukan akuisisi perusahaan pelayaran asal Norwegia. Nilai akuisisi terhadap perusahaan pelayaran Norwegia tersebut kurang lebih sebesar US$ 100 juta.

Langkah akuisisi perusahaan pelayaran asing ini dilakukan BLTA guna mendukung ekspansi global perseroan. Sebelumnya BLTA juga dikabarkan tengah mencari pinjaman sebesar US$ 344 juta guna menambah 13 kapal hingga 2011, demikian seperti dikutip dari sebuah situs ekonomi nasional.

Keputusan untuk akuisisi perseroan kali ini bisa meningkatkan penetrasi BLTA ke pasar Eropa. Diversifikasi usaha BLTA menuju pasar Eropa ini diharapkan bisa positif, terlebih lagi BLTA memang sudah bersiap untuk menambah jumlah armadanya. Selain itu untuk menghadapi asas cabotage yang mulai berlaku tahun depan BLTA juga sudah membeli 2 kapal senilai US$ 80 juta-US$ 90 juta serta menyewa 2 kapal tambahan.

Sedangkan untuk aksi korporasi terbarunya BLTA sepertinya masih belum menentukan sumber pendanaan. Pada penutupan perdagangan Jumat (2/10) kemarin saham BLTA stagnan di Rp 830 dengan volume perdagangan mencapai 142.889 unit saham senilai Rp 58,9 miliar sebanyak 1.399 kali transaksi. [hid]

No comments:

Post a Comment