Sunday, February 28, 2010

Danatama Jadi Pembeli Siaga Rights Issue SULI

Jakarta - Danatama Makmur telah dinobatkan menjadi pembeli siaga penawaran umum terbatas/rights issue PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk (SULI).
SULI berencana untuk melakukan rights issue dengan melepas jumlah saham sekitar 1,23 juta saham. Harga saham yang ditawarkan sekitar Rp100 per lembar saham dengan rasio Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) 1:1. Hal itu berarti setiap pemegang 1 saham lama akan mempunyai 1 HMETD untuk membeli 1 saham baru. Target dana yang diharapkan dari hasil rights issue ini sekitar Rp123 miliar. "Standby buyer-nya Danatama," kata Sekretaris Perusahaan SULI Hasnawiyah Kono, ketika dihubungi INILAH.COM, Jumat (26/2)
Dana hasil rights issue ini akan digunakan sebagai modal kerja, termasuk untuk bridging loan senilai US$2 juta. Hasnawiyah menjelaskan, perseroan mendapatkan dana talangan sebesar US$2 juta dan rencananya sebagian dana rights issue akan digunakan untuk membayar kembali dana talangan.
Saat ini rights issue SULI masih diproses di Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Perseroan mengharapkan telah mendapatkan ijin efektif dari Bapepam sebelum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan pada 9 Maret nanti. "Kita belum mendapatkan ijin efektif dari Bapepamuntuk rights issue, kita berharap sebelum RUPS sudah dapat ijin efektif" tutur Hasnawiyah.
Terkait kinerja keuangan perseroan 2009, Hasnawiyah mengatakan, perseroan masih mencatatkan kerugian atau penurunan pada tahun tersebut. Hal itu dikarenakan krisis keuangan global yang terjadi pada 2008. "Pasar ekspor kita sekitar 75 persen. Saat krisis terjadi pasar luar negeri pun mengurangi order sejak 2 tahun terakhir," jelas Hasnawiyah.
Seperti pemberitaan sebelumnya, dengan adanya dana hasil perolehan rights issue ini dapat memulihkan pangsa pasar Sumalindo yang menurun karena imbas dari krisis 2008 lalu. Produksi perseroan berupa produk kayu lapis dan kayu lapis olahan dengan kapasitas 160.000 m3 dan 72.000 m3 per tahun serta produk ( Medium Density Fiberboard-papan serat berkerapatan sedang) dengan kapasitas 200.000 m3 per tahun. [mre]

No comments:

Post a Comment