Thursday, February 25, 2010

Laba Gozco melonjak empat kali lipat

JAKARTA (Bisnis.com) : Laba bersih PT Gozco Plantations Tbk untuk 2009 meningkat hampir empat kali lipat dari tahun sebelumnya.

Direktur Bisnis dan Komersial Gozco Kreisna Dewantara Gozali menyebut laba bersih Gozco 2009 mencapai Rp204 miliar. Tahun sebelumnya, perusahaan tersebut mencatatkan laba bersih Rp54,75 miliar.

“Faktor peningkat laba bersih 2009 salah satunya berasal dari hasil tambahan lahan akuisisi Palma. Beberapa lahan lainnya juga sudah masuk musim penghasilan,” kata Kreisna yang dihubungi Bisnis melalui telepon, siang ini.

Selain itu, Kreisna menjelaskan pihaknya juga mendapat keuntungan selisih kurs terkait pelunasan utang dengan BNI senilai US$25 juta. Kreisna mengatakan pada awal peminjaman nilai tukar dolar AS terhadap rupiah masih berada di kisaran Rp10.500. Sementara waktu pelunasannya, rupiah berada di kisaran Rp9.500.   

“Target laba bersih 2010 adalah Rp236 miliar. Sementara untuk target volume penjualan adalah Rp504 miliar dengan asumsi harga rata-rata CPO Rp6300 per kg,” ujar Kreisna.

Kreisna menyebut volume penjualan Gozco tahun lalu mencapai Rp408 miliar. Untuk penjualan bersih 2009 senilai Rp407 miliar. Pada 2008, penjualan bersih Gozco tercatat Rp290,79 miliar.

Ketika ditanyai apakah Gozco akan melakukan akuisisi tahun ini, Kreisna mengatakan pihak masing melihat-lihat kemungkinan yang ada. “Untuk lebih jelasnya tentang akuisisi, saya belum mau memberi komentar,” kilahnya.

Guna mendukung kinerjanya tahun ini, Gozco berencana membangun pabrik tambahan yang berlokasi di Sumatra Selatan. Gozco sendiri sudah memiliki dua pabrik yang berlokasi di Sumatra Selatan dengan kapasitas 90 ton dan pabrik di Kalimantan Tengah yang memiliki kapasitas 50 ton.

Kreisna mengatakan pembangunan pabrik tersebut akan dilaksanakan pada akhir kuartal III atau awal kuartal IV. Nantinya pabrik baru tersebut akan memiliki kapasitas 90 ton. Namun untuk pembangunan tahap awal kapasitasnya sebesar 45 ton.

“Alokasi dana untuk pembangunan pabrik baru diambil dari capex (capital expenditure) di luar akuisisi senilai Rp208 miliar. Total capex Rp250 miliar,” ujar Kreisna.

Untuk total luas lahan yang dimiliki Gozco sampai saat ini mencapai 130.000 hektare. Dari total lahan tersebut, Kreisna menyebut sudah tercapai 25.000 hektare.(faa)

No comments:

Post a Comment