Saturday, May 8, 2010

BUMI: Kami Tidak Akan Right Issue!

PT Bumi Resources (BUMI) menegaskan jika pihaknya tidak ada niat untuk menerbitkan right issue atau non pre-emptive right.
"Tidak pernah ada niat BUMI untuk melakukan right issue. Juga tidak ada niat untuk melakukan non pre-emptives issue saat ini," jelas SVP Investor Relation-Corporate Secretary BUMI Dileep Sritavastava kepada okezone, di Jakarta, Jumat (7/6/2010).

Dia mengatakan, jika opsi-opsi tersebut tidak pernah diwacanakan dalam perseroan. Menurutnya, hal tersebut adalah spekulasi semata.

"Kami ingatkan bahwa hanya sebuah pengumuman resmi dari perusahaan yang merupakan informasi yang kredibel. Karena itu, mari tidak berspekulasi," katanya.

Padahal, pada akhir tahun lalu, Direktur Operasional BUMI Kenneth Farrel menuturkan perseroan merencanakan penawaran umum terbatas (PUT) untuk mendanai kebutuhan investasi perusahaan. Perusahaan membutuhkan investasi sebesar USD 2,226 miliar hingga 2013.

"Ada potensi untuk melakukan (rights issue)," kata Kenneth waktu itu.

Farrrel  menjelaskan, Pemerintah Indonesia mengimbau perusahaan terbuka untuk melakukan pre-emptive rights sebesar lima persen saham paling tidak satu kali selama tiga tahun. Dimana pemerintah bahkan sedang mempertimbangkan untuk menaikkan menjadi 10 persen.

Hal itu, dia mengakui, menjadi salah satu pertimbangan BUMI pada rencana pendanaan eksternal. Saat ini, perusahaan tengah mencari sumber pinjaman untuk memenuhi kebutuhan investasinya. Hingga 2013, perseroan membutuhkan dana segar setidaknya sebesar USD2,226 miliar.
(wdi)

No comments:

Post a Comment