Friday, January 15, 2010

Grup MNC Akuisisi 50% Saham Letang Game

Linktone Ltd, anak usaha PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), mengakuisisi 50,01% saham Letang Game Ltd, perusahaan asal Tiongkok yang mengembangkan mobile game dan PC online game.

Linktone yang merupakan perusahaan media dan hiburan di Tiongkok akan membayar US$ 9,15 juta atau sekitar Rp 87 miliar untuk menuntaskan transaksi pengambilalihan Letang Game. “Linktone telah membayar US$ 2,56 juta. Sisanya akan dilunasi sepanjang 2010 dan 2011, apabila Letang Game mencapai target keuangan tertentu,” jelas Hary Tanoesoedibjo, CEO Linktone sekaligus CEO Grup Media Nusantara Citra (MNC), dalam keterangan resminya, Kamis (14/1).

Harry menegaskan, akuisisi Letang Game termasuk salah satu prioritas Linktone untuk mempercepat pertumbuhan perseroan, sehingga memberikan keuntungan bagi pemegang saham. Saat ini, Letang Game mengembangkan aplikasi mobile game untuk Flash, Symbian, KJava, Android, BlackBerry, dan iPhone platform. “Letang adalah salah satu pelopor dalam mengembangkan permainan seluler di Tiongkok,” tuturnya.

Sementara itu, CEO Letang Game Xiaoqing Fan mengakui, langkah Linktone membeli 50,01% saham perseroan merupakan bentuk kemitraan yang bakal menguntungkan kedua pihak. “Kami bangga menjadi bagian dari Linktone dan berharap bisa memperluas pangsa pasar game di Tiongkok,” kata dia.

Linktone dan Letang akan bersinergi dalam keahlian dan kemampuan distribusi yang luas. Linktone yang mencatatkan sahamnya di Bursa Nasdaq, Amerika Serikat (AS) itu menjadi agen iklan eksklusif dan penyedia konten utama untuk Qinghai Satellite Television dengan jangkauan 276 juta pemirsa di 24 provinsi Tiongkok. Selain itu, perseroan menjadi agen iklan untuk Tianjin Satellite Television.

Sebelumnya, Media Nusantara Citra (MNC) telah mengakuisisi 57,1% saham Linktone senilai US$ 91,2 juta atau sekitar Rp 839 miliar. MNC melalui anak usahanya, MNC International Ltd telah mengeksekusi 25% saham publik Linktone dalam penawaran tender (tender offer) di AS. Nilai transaksinya sebesar US$ 22,8 juta.

MNC juga membeli 38% saham baru Linktone dalam penawaran umum terbatas (rights issue) perusahaan asal Tiongkok tersebut. Dari rights issue, MNC membeli 32,1% saham Linktone senilai US$ 68,4 juta.

Akuisisi itu telah mengubah susunan direksi Linktone. CEO Grup MNC Hary Tanoesoedibjo menempati posisi sebagai CEO Linktone. Hary Tanoe didampingi tiga rekannya yakni Felix Ali Chendra, Sutanto Hartono, dan Agus Mulyanto di dewan direksi.

Hary Tanoe pernah mengatakan bahwa akuisisi Linktone merupakan bagian dari ekspansi MNC di bidang layanan konten dan media di kawasan regional. Tiongkok merupakan pasar iklan terbesar di dunia.

No comments:

Post a Comment