Thursday, June 25, 2009

BMTR / Global Mediacom kaji jual 10% saham

Global Mediacom kaji jual 10% saham
Kas sebanyak Rp300 miliar untuk buyback

JAKARTA: PT Global Mediacom Tbk mengkaji penjualan 10% sahamnya karena adanya minat dari calon pembeli.

"Kami masih mengkaji tawaran dari mitra strategis tersebut. Terus terang, memang banyak yang berminat membeli 5%-10% saham Global Mediacom," ujar Presdir & CEO Global Mediacom Bambang Hary Iswanto Tanoesoedibjo kepada Bisnis kemarin.

Terkait dengan kabar yang beredar di pasar, dia kembali menegaskan hingga kini belum pernah membahas mengenai rencana investasi oleh pemodal asal Qatar terkait dengan saham Global Mediacom.

"Banyak pemodal yang berminat, tetapi saya tidak pernah bicara dengan pihak Qatar untuk saham Global Mediacom," katanya.

Sebanyak 10% saham Global Mediacom mencapai 1,37 miliar. Apabila diasumsikan saham itu dilepas pada harga pasar kemarin Rp290 per saham, penjual saham itu akan mengantongi Rp398,98 miliar.

Menurut Hary, Global Mediacom juga berencana membeli kembali (buyback) sahamnya hingga Rp300 miliar dari hari ini hingga 24 September 2009.

Buyback, lanjutnya, akan dilakukan melalui PT Bursa Efek Indonesia (BEI) ataupun cara lainnya. Perseroan juga menunjuk PT Bhakti Securities yang memiliki afiliasi dengan Global Mediacom sebagai perantara pedagang efek.

"Nilai Rp300 miliar itu saya perkirakan tidak sampai 10% dari total saham perseroan," tuturnya.

Selanjutnya, perseroan berencana untuk menyimpan saham yang telah dibeli kembali sebagai treasury stock.

Meski demikian, dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Global bisa menggunakan saham pada treasury stock untuk hal-hal lain yang mungkin diperlukan dalam pengembangan ke depan. (sylviana.pravita @bisnis.co.id)

Oleh Sylviana Pravita R.K.N.
Bisnis Indonesia

No comments:

Post a Comment